Jumat, 02 November 2012

Kewirausahaan dan memulai bisnis kecil

Kewirausahaan adalah menerima risiko untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis. Alasan mengapa orang bersedia mengambil risiko untuk memulai sebuah bisnis adalah adanya laba yang menguntungkan, kemerdekaan, kesempatan, dan merupakan sebuah tantangan. Wirausahawan yang berhasil dapat memerintah diri, memelihara diri, berorientasi tindakan, penuh semangat, dan toleran terhadap ketidakpastian.
Tim wirausaha adalah sekelompok orang berpengalaman dari berbagai area bisnis yang bergabung bersama untuk membentuk sebuah tim manajerial dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan, membuat, dan memasarkan sebuah produk baru.
Wirausahawan mikro adalah orang yang bersedia untuk menerima risiko untuk memulai dan mengelola janis bisnis yang tetap kecil, memungkinkan mereka melakukan pekerjaan yang ingin mereka lakukan, dan menawarkan gaya hidup yang seimbang.
Intrwirausahawan adalah pembentukan pusat wirausaha dalam sebuah perusahaan yang lebih besar dimana orang-orang dapat berinovasi dan mengembangkan ide produk baru secara internal.
Zona perusahaan adalah area geografis spesifik dimana pemerintah berusaha menarik investasi bisnis swasta dengan menawarkan pajak yang lebih rendah dan dukungan pemerintah lainnya.
Inkubator adalah pusat yang menawarkan fasilitas kepada bisnis baru seperti kantor berbiaya rendah dengan layanan bisnis dasar.
Memulai dalam Bisnis Kecil
Bisnis kecil adalah bisnis yang dimiliki dan dioperasikan secara independen, tidak dominan dalam bidang operasinya, dan memenuhi standar ukuran tertentu (ditetapkan oleh Small Business Administration) dalam hal jumlah karyawan atau penerimaan tahunan. Banyak bisnis kecil gagal karena ketidakmampuan manajerial dan perencanaan finansial yang tidak memadai. Cara memulai sebuah bisnis kecil : pertama, belajarlah dari oarang lain. Ikutilah kursus dan bicaralah dengan beberapa pemilik bisnis kecil. Kedua, dapatkanlah pengalaman dengan bekerja untuk orang lain. Ketiga, ambil alih sebuah perusahaan yang berhasil. Akhirnya, pelajarilah teknik-teknik manajemen bisnis kecil yang mutakhir meliputi penggunaan komputer untuk hal-hal, seperti daftar gaji, kontrol persediaan, dan daftar pos. Untuk berhasil sebagai pemilik bisnis, kita akan menjelajahi fungsi bisnis dalam situasi bisnis kecil: merencanakan bisnis anda; mendanai bisnis anda; mengenal pelanggan anda (pemasaran); mengelola karyawan anda (pengembangan sumber daya manusia); membuat catatan (akuntansi).
Keuntungan dari bisnis kecil atas bisnis besar dalam pasar global antara lain karena pembeli asing labih menyukai berurusan dengan individu daripada dengan korporasi besar karena (1) perusahaan kecil memberikan pemasok yang lebih beragam dan dapat mengirimkan produk yang lebih cepat dan (2) perusahaan kecil memberikan pelayanan yang lebih pribadi.
Tidak terdapat lebih banyak bisnis kecil yang mulai berdagang secara internasional alasannya karena (1) pendanaan acap kali sulit ditemukan, (2) banyak orang tidak mengetahui cara memulai, (3) banyak orang tidak memahami perbedaan-perbedaan kultural dalam pasar asing, dan (4) birokrasi yang rumit acap kali menyulitkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar