Selasa, 27 November 2012

MENDISTRIBUSIKAN PRODUK DENGAN CEPAT DAN EFISIEN, PERTANYAAN DAN JAWABAN

MENDISTRIBUSIKAN PRODUK DENGAN CEPAT DAN EFISIEN, PERTANYAAN DAN JAWABAN
December 3rd, 2011

Munculnya Perantara Pemasaran

· Perantara Pemasaran (marketing intermediaries) adalah organisasi-organisasi yang membantu memindahkan barang dan jasa dari produsen ke pengguna bisnis dan pengguna akhir.

· Saluran Distribusi (channel of distribution) adalah saluran perantara pemasaran, seperti perantara grosir dan perantara riel yang bergabung untuk memindahkan dan menyimpan barangbdi jalur (atau saluran) dari produsen ke konsumen.

· Agen/Calo (agents/broker) adalah perantara pemasaran yang mempertemukan pembeli dan penjual dan membantu dalam merundingkan sebuah transaksi, tetapi tidak mengambil alih kepemilikan barang.

· Perantara grosir (wholesaler) adalah perantara pemasaran yang menjual kepada organisasi lain.

· Pritel (retailer) adalah organisasi yang menjual pada konsumen akhir.

Tiga hal mendasar mengenai perantara:
Perantara pemasaran dapat dihilangkan, tetapi aktivitas-aktivitasnya tidak dapat.
Organisasi-organisasi perantara telah bertahan di masa lalu karena meraka melakukan fungsi-fungsi pemasaran lebih cepat dan lebih murah dibandingkan yang lainnya.
Perantara menambahkan biaya-biaya pada produk, tetapi biaya-biaya ini biasannya lebih dari dihapuskan oleh nilai-nilai yang mereka ciptakan.

UTILITAS YANG DICIPTAKAN PERANTARA

Utilitas (utility) adalah dalam ilmu ekonomi adalah kemampuan memuaskan keinginan, atau nilai yang ditambahkan organisasi pada barang atau jasa saat produk dibuat menjadi lebih berguna atau lebih mudah diakses konsumen dibanding sebelumnya.
Utilitas Bentuk (form utility) adalah diberikan terutama oleh produsen dibanding dengan perantara.
Utilitas waktu (time utility) adalah menambahkan nilai pada produk dengan cara membuat produk-produk tersebut tersedia saat dibutuhkan.
Utilitas tempat (place utility) adalah menambahkan nilai pada produk dengan cara menaruh barang ditempat orang-orang menginginkannya.
Utilitas Kepemilikan (possession utility) adalah melakukan apapun yang perlu untuk memindahkan kepemilikan dari satu pihak ke pihak yang lain, termasuk memberikan kredit, pengantaran, pemasangan, jaminan, dan layanan lanjut.
Utilitas Informasi (information utility) adalah menambahkannilai pada produk dengan cara membuka arus informasi dua arah antarpeserta pemasaran.
Utilitas Layanan (service utility) adalah menambahkan nilai dengan cara menyediakan layanan yang cepat dan ramah selama dan setelah penjualan dan dengan cara mengajarkan pelanggan bagaimana cara terbaik menggunakan produk dengan berlalunya waktu.

PERANTARA GROSIRAN

Pedagang Grosir (merchant wholesalers) adalah perusahaan-perusahaan independen yang mengambil alih kepemilikan atas barang-barang yang mereka distribusikan.

Rack Jobbers adalah pedagang grosir yang mengisi rak-rak penuh dengan barang dagangan bagi peritel, memajang produk dan menjual atas dasar konsinyasi.

Pedagang grosir bayar dan bawa (cash-and-carry wholesalers) adalah pedagang grosir yang terutama melayani peritel-peritek berukuran lebih kecil dengan produk yang lebih terbatas.

Drop shippers adalah pedagang grosir yang meminta pesanan dari para peritel dan perantara groir lainnya dan lalu mengatur agar barang dagangan diantar langsung dari produsen ke pembeli.

Agen dan Calo

Afen dan calo mempertemukan penjual dan pembeli dan membantu dalam negosiasi dalam bertransaksi. Walaupun demikian, tidak seperti pedagang grosir, agen dan calo tidak pernah memiliki produk-produk yang didistribusikan,

Perantara Ritel

Perantara Grosir layanan penuh akan:
Menyediakn tenaga penjualan untuk menjual barang pada pertel dan pembeli-pembeli lainnya.
Mengkomunikasikan rencana-rencana pada penawaran-penawaran iklan produsen.
Menjaga barang persediaan, sehingga mengurangi jumlah barang persediaan yang harus disimpan pemasok.
Mengatur atau melakukan trnsportasi.
Menyediakan modal dengan cara membayar membayar tunai atau membayar barang dengan segera.
Memberikan pemasok informasi pasar yang tidak mampu dibeli atau didapatkan sendiri.
Mengambil alih resiko kredit dengan cara memberikan kredit pada pelanggan dan mengambil utang-utang macet, sehingga membebaskan pemasok dari beban-beban ini.
Menanggung resiko atas produk dengan cara mengambil alih kepemilikan barang.

Perantara Grosir dapat melakukan layanan-layanan berikut ini bagi para pelanggan:
Membeli barang-barang yang akan diminati konsumen akhir dan menyediakannya bagi pelanggan.
Menjaga barang persediaan, sehingga mengurangi biaya-biaya pelanggan.
Memindahkan barang kepada para pelanggan dengan cepat.
Memberi informasi pasar dan layanan konsultasi bisnis.
Memberikan pendanaan melalui pemberian kredit, yang terutama penting bagi para peritel kecil.
Memesan barang dengan jenis dan jumlah yang diinginkan pelanggan.

Strategi Ditribusi Ritel
Distribusi Intensif (intensive distribution) adalah distribusi yang meletakkan disebanyak mungkin gerai ritel.
Distribusi selektif (selective distribution) adalah distribusi yang hanya mengirim produk kepada sekelompok peritel yang diistimewakan disuatu wilayah.
Distribusi eksekutif (exclusive distribution) adalah distribusi yang mengirimkan produk hanya ke satu toko ritel di wilayah geografis tertentu.

Peritel Toko

Tidak ada hal dalam penjualan eceran yang akhir-akhir ini mendapat perhatian lebih dari peritel elektronik. Peritel internet, bagaimanapun juga, hanyalah satu bentuk dari peritel tanpa toko. Kategori-kategori lainnya dari peritel tanpa toko termasuk telemarketing; mesin penjaja, kios, dan kereta; penjualan langsung; penjualan bertingkat; dan pemasaran langsung. Bisnis-binis kecil dapat menggunakan peritel tanpa toko untuk membuka saluran-saluran distribusi baru bagi produknya.

Ritel Elektronis

Ritel Elektronis (electronic retailing) adalah penjualan barang dan jasa kepada konsumen-konsumen akhir (yaitu Anda dan Saya) lewat internet.

Telemarketing

Telemarketing adalah penjualan barang dan jasa melalui telepon.

Penjualan Langsung

Penjualan Langsung (direct selling) adalah menjual kepada konsumen dirumah atau ditempat kerja mereka.

Penjualan Bertingkat

Pemasaran Langsung

Pemasaran Langsung (direct marketing) adalah setiap aktivitas yang secara langsung menghubungkan produsen atau perantara dengan konsumen akhir.

MEMBANGUN KERJASAMA DALAM SISTEM SALURAN

1. Sistem Distribusi Korporat

Saluran Distribusi Korporat (corporate distribution system) adalah sebuah sistem distribusi yang seluruh organisasi dalam saluran distribusi dimiliki oleh satu perusahaan.

2. Sistem Distribusi Kontrak

Sistem Distribusi Kontrak (contraktual distribution system) adalah sebuah sistem yang para anggotanya diikat untuk bekerja sama melalui perjanjian kontrak. Ada tiga bentuk sistem kontaktual:
Sistem Waralaba
Rantai bersponsor perantara grosir
Kerja sama ritel

3. Sistem Distribusi yang Diatur

Sistem Distribusi yang Diatur (administered distribution system) dalah satu sistem distribusi di mana para para produsen mengola seluruh fungsi-fungsi pemasaran di tingkat ritel.

4. Rantai Persediaan

Rantai Persediaan (supply chain) adalah urutan aktivitas-aktivitas yang saling berkaitan yang harus dilakukan oleh berbagai organisasi untuk memindahkan barang dan jasa dari sumber bahan mentah sampai ke konsumen akhir.
Manajemen rantai persediaan (supply- chain management) adalah proses mengelola pergerakan dari bahan mentah, komponen, barang setengah jadi, barang jadi dan informasi terkait melalui seluruh organisasi yang terlibat dalam rantai persediaan; menelola pengembalian barang-barang terkait jika perlu; bahan jika dapat.

LAHIRNYA LOGISTIK

Logistik (logistics) adalah aktivitas pemasaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian arus fisik bahan-bahan, barang jadi, dan informasi terkait, dari titik awal sampai sampai titik konsumsiuntuk memenuhi permintaan pelanggan dengan memperoleh laba.
Logisrik ke dalam (inbound logistics) adalah membawa bahan mentah, kemasan, barang dan jasa lainnya.
Penanganan bahan-bahan (meterials handling) adalah pemindahan barang-barang dalam gudang, dari gudang ke pabrik, dan dari pabrik ke berbagai stasiun kerja.
Logistik ke luar (outbound logistics) adalah bidang logistik yang mengelola arus barang jadi dan informasi pembeli bisnis dan pembeli konsumen akhir (orang-orang yang seperti Anda dan Saya).
Logistik Berbalik (reverse logistics) adalah bidang logistik yang membawa barang-barang kembali ke pabrik karena ada cacat atau untuk mendaur ulang bahan-bahan.

MEMINDAHKAN BARANG DARI PRODUSEN KE KONSUMEN SECARA EFISIEN

Memilih Mode Transportasi Paling Tepat
Kereta cocok untuk pengiriman jumlah besar
Truk cocok untuk pengiriman jumlah kecil ke lokasi-lokasi jauh
Angkutan air tidak mahal, tetapi lambat
Jalur pipa tepat dan efisien
Transportasi udara cepat, tetapi mahal
Pengiriman intermodal

SOAL
Apa sajakah transportasi mode yang paling tepat?
Kereta cocok untuk pengiriman jumlah besar
Truk cocok untuk pengiriman jumlah kecil ke lokasi-lokasi jauh
Angkutan air tidak mahal, tetapi lambat
Jalur pipa tepat dan efisien
Transportasi udara cepat, tetapi mahal
Pengiriman intermodal
Apa yang dimaksud dengan Logistik? Logistik (logistics) adalah aktivitas pemasaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian arus fisik bahan-bahan, barang jadi, dan informasi terkait, dari titik awal sampai sampai titik konsumsiuntuk memenuhi permintaan pelanggan dengan memperoleh laba.
Apa yang dimaksud dengan Logistik ke dalam? Logisrik ke dalam (inbound logistics) adalah membawa bahan mentah, kemasan, barang dan jasa lainnya.
Apa yang dimaksud dengan Sistem distribusi yang diatur? Sistem Distribusi yang Diatur (administered distribution system) dalah satu sistem distribusi di mana para para produsen mengola seluruh fungsi-fungsi pemasaran di tingkat ritel.
Apa yang dimaksud dengan istem distribusi kontrak? Sistem Distribusi Kontrak (contraktual distribution system) adalah sebuah sistem yang para anggotanya diikat untuk bekerja sama melalui perjanjian kontrak.
Apa yang dimaksud dengan penjualan langsung? Penjualan Langsung (direct selling) adalah menjual kepada konsumen dirumah atau ditempat kerja mereka.
Apa yang dimaksud dengan Pemasran langsung? Pemasaran Langsung (direct marketing) adalah setiap aktivitas yang secara langsung menghubungkan produsen atau perantara dengan konsumen akhir.
Apa yang dimaksud dengan Telemarketing? Telemarketing adalah penjualan barang dan jasa melalui telepon.
Apa yang dimaksud dengan Disrtibusi intensif? Distribusi Intensif (intensive distribution) adalah distribusi yang meletakkan disebanyak mungkin gerai ritel.
Apa yang dimaksud dengan Distribusi selektif? Distribusi selektif (selective distribution) adalah distribusi yang hanya mengirim produk kepada sekelompok peritel yang diistimewakan disuatu wilayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar