Selasa, 27 November 2012

MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN – MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK DAN JASA

MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN – MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK DAN JASA
Posted by Agnisa Sahrul Riffianto
Published in Ulasan Topik Pengantar Bisnis, Uncategorized

Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga,promosi serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional.

Konsep pemasaran memiliki tiga bagian:

1. Orientasi pelanggan

2. Orientasi jasa

3. Orientasi laba

Manajemen hubungan pelanggan adalah proses mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan segal hal yang anda dapat lkukan untuk memuaskan mereka atau bahkan melebihi harapan mereka dengan barang dan jasa.

Bauran pemasaran

Unsur-unsur yang menghasilkan program pemasaran:

1. Produk (product)

2. Harga (price)

3. Tempat (place)

4. Promosi (Promotion)

Produk adalah barang fisik,jasa atau ide yang memuaskan keinginan atau kebutuhan plus apapun yang akan meningkatkan produk dimata konsumen, seperti merek.

Uji pemasaran adalah proses pengujian produk diantara pengguna potensial.

Nama merek adalah kata,huruf, atau kelompok kata atau huruf yang membedakan barang dan jasa satu penjual dari barang dan jasa milik pesaing.

Promosi adalah semuateknik yang digunakan penjual untuk memotivasi orang-orang membeli produk atau jasa mereka.

Penelitian pemasaran adalah analisis pasar untuk menentukan peluang dan tantangan dan untuk mencari informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang baik.

Proses penelitian pemasaran terdiri dari empat lngkah :

1. Mendefinisikan pernyataan dan menentukan situasi saat ini

2. Mengumpulkan data

3. Menganalisis penelitian

4. Memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya

Data sekunder adalah informasi yang sudah disusun oleh orang lain dan diterbitkan dalam jurnal atau buku atau tersedia secara online.

Data primer adalah data yang anda kumpulkan sendiri (bukan dari sumber sekunder,seperti buku dan majalah)

Kelompok fokus adalah sekelompok kecil orang-orang yang bertemu dibawah pengarahan pemimpin diskusi untuk mengomunikasikan opini mereka tentang organisasi, produk atau isi tertentu lain.

Dua pasar yang berbeda

Pasar konsumen adalah semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi.

Pasar bisnis ke bisnis adalah semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untuk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau untuk penjualan,penyewaan atau pemasokan barang kepada orang lain.

Segmentasi pasar adalah proses pembagian total pasar menjadi kelompok-kelompok yang anggotanya memiliki karakteristik yang sama.

Pemasaran target adalah pemasara yang ditunjukkan pada kelompok-kelompok yang diputuskan oleh organisasi dapt dilayani dengan menguntungkan.

Segmentasi geografis adalah membagi pasar menurut area geografis.

Segmentasi demografis adalah membagi pasar menurut usia, pemasukan ,dan tingkat pendidikan.

Segmentasi psikografis adalah membagi pasar dengan menggunakan nilai-nilai, sikap, dan mint kelompok.

Segmentasi manfaat adalah membagi pasar dengan menntukan manfaat produk yang akan dibicarakan.

Segmentasi volume atau penggunaan adalah membagi pasar menurut penggunaan (volume penggunaan)

Pemasaran pada ceruk adalah proses pencarian segmen pasar yang kecil tetapi menguntungkan dan merancang atau mencari produk untuknya

Pemasaran satu untuk satu adalah menegembangkan bauran yang unik akan barang dan jasa untuk setiap pelanggan individual.

Pemasaran massa adalah menegembangkan produk dan promosi untuk menyenangkan banyak orang.

Pemasaran hubunga adalah strategi pemasaran yang memiliki tujuan memelihara pelanggan individual dengan menawari mereka produk yang memenuhi persyaratan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar